Perpustakaan Bukan Sekadar Hiasan

Rabu, 2 Agustus 2023 - 00:44 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi: Lingkaraksara.com

Ilustrasi: Lingkaraksara.com

Lingkaraksara.com – Saya pernah mengunjungi beberapa perpustakaan sekolah di berbagai kabupaten/kota di Lampung. Tampilannya nyaris seragam. Buku tersusun rapi di dalam lemari kaca. Kondisi buku begitu klimis. Karena memang belum pernah dibaca. Masih rapi jali. Kinyis-kinyis.

Ironisnya, lemari buku yang disebut sebagai perpustakaan sekolah itu, tak jarang berada di ruang tamu kepala sekolah. Kalau pun sudah punya ruang tersendiri, ruangan perpustakaan lebih sering dikunci.

Malah, pintu lemari buku pun ikut dikunci. Kuncinya dipegang oleh seorang guru. Dan gurunya tidak selalu ada di tempat. Kalau pun berhasil ditemui, bukan berarti bisa segera mengakses buku. Karena, menurut murid di sekolah yang saya kunjungi, acapkali kunci tertinggal di rumah guru.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Klop sudah. Murid balik badan. Tak jadi meminjam buku perpustakaan. Hasrat untuk membaca buku pun menguap. Sirna.

Baca Juga :  Unifying the World Through Soccer: The Global Impact of the World Cup

Kalau pun keinginan meminjam buku muncul kembali, murid itu mengaku akan segera menghalaunya. Percuma saja, tukasnya. Buku belum tentu didapat. Urusan ribet malah sudah jelas membayang. Bakal pance, panjang cerita!

Agaknya, sekolah sudah sukses mengemban amanah. Menjaga dengan baik buku-buku perpustakaan hasil bantuan pemerintah. Saking ketat menjaga, sampai buku-buku itu nyaris tak tersentuh. Sungguh, salah kaprah yang sulit diterima akal.

Andai ada kesadaran tinggi. Bahwa, betapa pentingnya membaca. Betapa perlunya perpustakaan digiatkan untuk membangun budaya literasi. Tentu akan diperoleh manfaat besar.

Sungguh, perlu membongkar pola pikir lawas. Paradigma usang sudah waktunya ditinggalkan. Butuh ada pendekatan baru. Harus ada terobosan revolusioner. Sebagai cermin kesungguhan menumbuh kembangkan budaya literasi.

Misalnya, perpustakaan wajib dibuka saat jam istirahat di sekolah. Agar murid mudah dan leluasa mengakses buku. Perpustakaan sekolah tetap buka dihari libur. Sehingga murid bisa mengisi hari libur dengan mengunjungi perpustakaan sekolah. Lalu meminjam buku dan membacanya di rumah.

Baca Juga :  Saatnya Serius Menata Gerakan Literasi di Sekolah

Repot kali, mungkin begitu pikir pihak sekolah. Tidak semudah itu Ferguso untuk menyuruh ASN atau tenaga honorer kerja pada hari libur. Mesti ada instruksi dari atasan atau malah kepala daerah. Atau embel-embel alasan lain.

Benar. Mungkin memang tak mudah. Hanya saja sesulit apa pun tantangannya, langkah perubahan perlu dicoba. Kalau memang ada keseriusan membudayakan gerakan literasi.

Untuk merubah kebiasaan lama memang dibutuhkan upaya ekstra. Jangan harap menumbuhkan minat membaca, apalagi menulis, bisa dimulai. Kalau langkah penanganan masih pakai pola lama dan alakadarnya pula.

Jangan pernah berharap! (*)

 

Penulis : Lingkar Aksara

Editor : Lingkar Aksara

Berita Terkait

Saatnya Serius Menata Gerakan Literasi di Sekolah

Berita Terkait

Selasa, 15 Agustus 2023 - 14:51 WIB

Mingrum Gumay: Kepedulian Literasi di Sekolah Harus Konkrit

Rabu, 2 Agustus 2023 - 01:00 WIB

Enam Jenis Literasi Dasar

Rabu, 2 Agustus 2023 - 00:52 WIB

Arti Literasi dan Manfaatnya

Berita Terbaru

SL EDISI 26 OKTOBER 2023

E-Magazine

SL EDISI 26 OKTOBER 2023

Kamis, 2 Nov 2023 - 12:30 WIB

Cerpen

Perpusda Lampung Gelar Lomba Menulis Cerpen Tingkat SLTA

Kamis, 31 Agu 2023 - 19:09 WIB

Edukasi

Mingrum Gumay: Kepedulian Literasi di Sekolah Harus Konkrit

Selasa, 15 Agu 2023 - 14:51 WIB

Peserta ajang O2SN dari semua kotingen Kabupaten/Kota saat mengabadikan momen dengan panitia pertandingan cabor Karate, Rabu (9 Agustus 2023). Foto: Luki

Sport

Balam dan Lamtim Juarai Ajang O2SN Cabor Karate

Rabu, 9 Agu 2023 - 20:07 WIB

E-Magazine Lingkar Aksara Edisi Agustus 2023

E-Magazine

E-Magazine Budaya Literasi dan Lampung Mengaji

Rabu, 2 Agu 2023 - 06:46 WIB