Mingrum Gumay: Kepedulian Literasi di Sekolah Harus Konkrit

Selasa, 15 Agustus 2023 - 14:51 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

(Lingkaraksara.com): Ketua DPRD Lampung, Mingrum Gumay, menegaskan pelaksanaan program literasi pada tataran sekolah di Lampung mesti dilaksanakan secara serius. “Tidak dapat dipungkiri, literasi sudah menjadi tuntutan zaman saat ini,” sergahnya.

Mingrum menambahkan, pihaknya bersama Gubernur Lampung sudah jauh-jauh hari menaruh perhatian besar terhadap literasi. Itu dibuktikan melalui penetapan Perda Nomor 17 tahun 2019 tentang Peningkatan Budaya Literasi. “Saya ingat, saya langsung yang menyosialisasikan perda tersebut pasca disahkan,” katanya kepada Lingkar Aksara.com di ruang kerjanya, Selasa (15/8/2023).

Namun, dirinya melihat pelaksanaan Perda Nomor 17 Tahun 2019 di tataran sekolah, melalui Gerakan Literasi Sekolah (GLS), belum berjalan maksimal. Mingrum menyebut ada banyak indikasi yang menunjukkan hal itu.

“Pola-pola pendekatan seperti ini tidak bisa lagi dibiarkan. Terlebih bagi pemerintah Provinsi Lampung, melalui instansi terkait, harusnya punya kesadaran lebih tinggi pada pengembangan program literasi di sekolah. Jangan sampai kondisi indeks pembangunan literasi masyarakat, khususnya pelajar, di Lampung kian menurun,” tegasnya.

Ketua DPRD ini kemudian memberi pembanding akan persoalan stunting yang sedang gencar diatasi Lampung. Sesungguhnya, sambung Mingrum, bila budaya literasi sudah diperkenalkan semenjak di bangku sekolah dan berhasil membentuk karakter generasi muda yang dekat dengan literasi, sangat mungkin wawasan mereka akan lebih berkembang. Termasuk pengetahuan tentang pola konsumsi dan asupan gizi.

“Kalau penanganan literasi juga bisa diseriusi seperti penanganan stunting sekarang, sangat mungkin kita akan memperoleh bonus. Sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui. Persoalan peningkatan budaya literasi berjalan dan penanganan stunting ikut terbantu,” urainya.

Baca Juga :  Enam Jenis Literasi Dasar

Untuk itu dia meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, serta instansi terkait di kabupaten/kota segera merubah paradigma untuk menjalankan program literasi di sekolah secara berkesinambungan. “Jangan lagi hanya bersifat seremonial. Tapi wajib untuk konkrit karena ketentuan literasi ini sudah diperdakan”.

Mingrum juga mengapresiasi perhimpunan pegiat literasi yang sudah mengimplementasikan program literasi sesuai perintah Perda Nomor 17 Tahun 2019. Dia mengingatkan, sudah semestinya instansi terkait dan juga legislatif mendukung dan mendorong serta memfasilitasinya.

“Tujuannya tiada lain agar kegiatan program literasi di sekolah bisa berjalan berkesinambungan bukan hanya temporer. Apalagi seremonial belaka,” katanya. (*)

Penulis : Hendri Std

Editor : Hendri Std

Sumber Berita : Lingkaraksara.com

Berita Terkait

Mendikbudristek: PPDB Sistem Zonasi Merepotkan dan Kita Selalu Kena Getahnya
Enam Jenis Literasi Dasar
Arti Literasi dan Manfaatnya

Berita Terkait

Selasa, 15 Agustus 2023 - 14:51 WIB

Mingrum Gumay: Kepedulian Literasi di Sekolah Harus Konkrit

Rabu, 2 Agustus 2023 - 01:00 WIB

Enam Jenis Literasi Dasar

Rabu, 2 Agustus 2023 - 00:52 WIB

Arti Literasi dan Manfaatnya

Berita Terbaru

SL EDISI 26 OKTOBER 2023

E-Magazine

SL EDISI 26 OKTOBER 2023

Kamis, 2 Nov 2023 - 12:30 WIB

Cerpen

Perpusda Lampung Gelar Lomba Menulis Cerpen Tingkat SLTA

Kamis, 31 Agu 2023 - 19:09 WIB

Edukasi

Mingrum Gumay: Kepedulian Literasi di Sekolah Harus Konkrit

Selasa, 15 Agu 2023 - 14:51 WIB

Peserta ajang O2SN dari semua kotingen Kabupaten/Kota saat mengabadikan momen dengan panitia pertandingan cabor Karate, Rabu (9 Agustus 2023). Foto: Luki

Sport

Balam dan Lamtim Juarai Ajang O2SN Cabor Karate

Rabu, 9 Agu 2023 - 20:07 WIB

E-Magazine Lingkar Aksara Edisi Agustus 2023

E-Magazine

E-Magazine Budaya Literasi dan Lampung Mengaji

Rabu, 2 Agu 2023 - 06:46 WIB