Menggali Opini dari Sebuah Fakta

Selasa, 1 Agustus 2023 - 14:28 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Google

Foto: Google

Hujan deras yang mengguyur Bandar Lampung Jumat (10/12/2020), sejak sore hingga malam hari mengakibatkan beberapa wilayah tergenang banjir. Sejumlah kawasan yang terendam di antaranya Labuhanratu, Kemiling, Pasirgintung, Telukbetung, dan Rajabasa. Akibat bencana tersebut, seorang anak, warga Jalan Kulit Gang Sumo 1, RT 06, Lk. II Kelurahan Langkapura, hanyut terseret arus air hujan.

Kutipan berita di atas penulis ambil dari sebuah media massa daring, Suaralampung.com. Deretan kalimat itu membentuk sebuah paragraf yang berupa fakta. Fakta adalah sebuah peristiwa yang benar-benar terjadi (KBBI daring).

Sehubungan dengan pembahasan soal opini, sebelumnya kita mesti memahami konsep opini. Opini merupakan sikap, pandangan, atau tanggapan seseorang terhadap suatu fakta (Kompas.com).

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Opini bisa dikembangkan dari fakta yang kita terima. Opini  yang kita berikan dapat dilihat dari berbagai perspektif atau sudut pandang. Terkait masalah banjir, opini yang diangkat misalnya soal penyebab banjir.

Ada yang berpendapat banjir diakibatkan alih fungsi lahan yang tak terkendali. Ada lagi yang mengatakan lantaran kurangnya masyarakat dan pemerintah dalam memitigasi (mengurangi dampak) bencana banjir, faktor alam seperti curah hujan yang tinggi, kapasitas sungai dan resapan air yang berkurang drastis, kebijakan pemerintah yang melegitimasi perubahan tata ruang, kebiasaan masyarakat yang kurang menjaga lingkungan, serta masih banyak lagi.

Baca Juga :  Lingkar Aksara

Itu hanya dilihat dari penyebab banjir. Apabila kita mengkajinya dari sudut pandang lain semisal dampak yang ditimbulkan pascabanjir, tentu akan lebih banyak opini yang dapat kita sampaikan hanya dari sebuah fakta. Bisa dikatakan, opini dan fakta memiliki korelasi atau hubungan yang kuat.

Tulisan ini hanya ingin membuka konsep mengenai fakta dan opini, karena itu modal utama dalam menciptakan sebuah tulisan opini yang orisinal. Untuk menjadi seorang penulis opini yang baik, dibutuhkan kompetensi berargumen yang logis, memiliki dasar argumentasi yang kuat, mempunyai referensi yang mendukung, mampu memberikan solusi, dan kemampuan penunjang lainnya.

Akan tetapi, untuk menguasai itu semua tidak instan dan tak semudah membalikkan telapak tangan. Kita membutuhkan pengalaman dan jam terbang yang tinggi agar mampu menulis opini dengan komprehensif. Sebagai tahap awal untuk meraih itu, berargumenlah dulu, soal apa pun, bahkan untuk hal yang bukan menjadi keahlian kita. Beropinilah dulu, tentang isu atau hal yang “receh” dan “remeh temeh” sekalipun. Semua semata untuk mengasah kita dalam melihat sebuah fakta dari berbagai perspektif.

Baca Juga :  Cermat Memilih Isu Aktual

Opini sebenarnya begitu lekat dalam keseharian kita. Momen Tim Nasional Indonesia yang menang melawan Kamboja dan Laos saja menuai opini yang beragam. Salah satu kawan bahkan tidak yakin Indonesia meraih juara di Piala AFF karena menurutnya meskipun menang, permainan timnas belum matang dan solid, apalagi jika dibanding dengan permainan tim lain semisal langganan jawara Thailand dan tuan rumah Singapura.

Meskipun dua kali menang telak dan memuncaki klasemen Grup B, kawan tadi tetap pesimistis lantaran timnas belum bertemu lawan yang tangguh macam Vietnam dan Malaysia di Grup B.

Mendengar ini, saya sedikit meradang juga. Jiwa nasionalisme seolah berontak, hehe. Namun, semua sah-sah saja. Namanya juga beropini! Tabik!

(Chairil Anwar, guru mantan jurnalis)

Berita Terkait

Cermat Memilih Isu Aktual
Lingkar Aksara

Berita Terkait

Selasa, 15 Agustus 2023 - 14:51 WIB

Mingrum Gumay: Kepedulian Literasi di Sekolah Harus Konkrit

Rabu, 2 Agustus 2023 - 01:00 WIB

Enam Jenis Literasi Dasar

Rabu, 2 Agustus 2023 - 00:52 WIB

Arti Literasi dan Manfaatnya

Berita Terbaru

SL EDISI 26 OKTOBER 2023

E-Magazine

SL EDISI 26 OKTOBER 2023

Kamis, 2 Nov 2023 - 12:30 WIB

Cerpen

Perpusda Lampung Gelar Lomba Menulis Cerpen Tingkat SLTA

Kamis, 31 Agu 2023 - 19:09 WIB

Edukasi

Mingrum Gumay: Kepedulian Literasi di Sekolah Harus Konkrit

Selasa, 15 Agu 2023 - 14:51 WIB

Peserta ajang O2SN dari semua kotingen Kabupaten/Kota saat mengabadikan momen dengan panitia pertandingan cabor Karate, Rabu (9 Agustus 2023). Foto: Luki

Sport

Balam dan Lamtim Juarai Ajang O2SN Cabor Karate

Rabu, 9 Agu 2023 - 20:07 WIB

E-Magazine Lingkar Aksara Edisi Agustus 2023

E-Magazine

E-Magazine Budaya Literasi dan Lampung Mengaji

Rabu, 2 Agu 2023 - 06:46 WIB